Selasa, 25 September 2012

Pemicuan CLTS Oleh Kadis Kesehatan Kab.Pasaman Barat Di Jorong Gunung Tua,Ranah Batahan






Salah satu kegiatan dari Program Pamsimas untuk mencapai tujuan SBS (Stop Buang air besar Sembarangan) adalah pemicuan  masyarakat untuk menimbulkan kesadaran di masyarakat betapa pentingnya merubah perilaku dari yang kurang baik menjadi lebih baik.
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat,dalam hal ini Dinas Kesehatan,saat ini begitu gencar untuk mendukung keberhasilan Program Pamsimas terutama untuk mencapai target program,minimal 40 lokasi Pamsimas di Kabupaten Pasaman Barat berhasil SBS.Pamsimas juga dijadikan salah satu elemen penting untuk menuju Pasaman Barat Kabupaten Sehat 2013.
Sebagai bentuk nyata peranan Dinkes Pasaman Barat,Kepala Dinas Kesehatan Kab.Pasaman Barat Dr.H.Lazwardi,M.Kes bersama Kabid PMK Zubir,SKM.M.Kes serta Budi Susilawati,Siti Oloan selaku Ka.Sie Promkes dan Ka.Sie PL  turun langsung dalam proses pemicuan CLTS di Lokasi Program Tahun 2012 yaitu Jorong Gunung Tua,Nagari Batahan,Kec.Ranah Batahan.
Pemicuan juga terasa lengkap dengan kehadiran Ir.Darfis (DMAC WSS Kab.Pasbar),Nidia Reni (TFK Pasaman Barat),Yenni Solfiani dan Noky Jamka (Tim CF Gunung Tua).
Dalam pemicuan,Dr.H.Lazwardi,M.Kes menyampaikan bahwa yang bisa melakukan perubahan perilaku adalah diri kita sendiri,kemudian ditularkan kepada lingkungan kita,sehingga seluruh masyarakat membiasakan hidup bersih dan sehat.Dengan CLTS,perilaku yang salah selama ini kita tangkal dengan kebiasaan-kebiasaan baik,mulai dari hal yang sederhana,seperti menumbuhkan kesadaran,kesadaran tumbuh diimplementasikan dalam perbuatan.
Selanjutnya beliau juga menyampaikan 3 hal dalam sanitasi dasar yang penting di rumah tangga,pembuangan limbah dan pengelolaan sampah yang benar serta Stop BABS merupakan hal yang mutlak dilaksanakan untuk mencapai personal,keluarga dan lingkungan yang sehat
Di kesempatan lain Kepala Jorong Gunung Tua,Jasri mengatakan ini adalah hari yang luar biasa dan tidak menyangka jorong yang berjarak 150 KM dari Ibu Kabupaten Pasaman Barat,dikunjungi oleh orang penting dan beliau berjanji seluruh elemen masyarakat akan dikerahkan untuk menyukseskan Program Pamsimas dan pencapaian SBS.
Pemicuan yang dihadiri 124 orang ini menghasilkan lebih dari separuhnya terpicu dalam proses pemicuan kali ini.Komite CLTS langsung dibentuk untuk lebih memaksimalkan dan memperluas pengetahuan,pemicuan merata kepada seluruh masyarakat jorong.
Dengan jumlah jamban yang hanya 6% di awal program ini,tokoh masyarakat Irwan berjanji dan yakin kalau di Bulan Oktober 2012 Jorong Gunung Tua telah mencapai SBS.

Moga awal yang positif juga menghasilkan hal yang positif.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar