Rabu, 26 September 2012

Pemkab Siap Hadapi Lomba Kabupaten Sehat

Simpangampek, Sumbar (ANTARA News) - Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat mulai mempersiapkan diri untuk maju pada perlombaan kabupaten sehat tahun 2013.

"Banyak hal yang harus kita persiapkan dalam rangka perlombaan itu. Kami meminta kepada semua pihak dapat mendukungnya," kata Kepala Dinas Kesehatan Pasaman Barat Lazuardi didampingi Kepala Bidang Sosial Budaya Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Zulnafri di Simpangampek, Selasa.

Dia mengatakan, untuk perlombaan itu pihaknya meminta semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) bersinergi memasukkan berbagai macam program dalam mendukung kabupaten sehat 2013.

Dia menjelaskan, selama ini sudah ada sekitar 299 kabupaten/kota yang mengkuti perlombaan se-Indonesia. Untuk tahun 2012 daerah di Sumbar yang mengikuti lomba kabupaten sehat adalah Kabupaten Pasaman Barat.

"Diperlukan dukungan dan kemandirian masyarakat untuk berpartisipasi mendukung Pasaman Barat masuk nominasi Kabupaten Sehat 2013. Persiapannya tentu harus dimulai dari sekarang ini," kata dia.

Lebih jauh dia mengatakan, indikator umum kabupaten sehat itu di antaranya ada dukungan pemerintah daerah, berfungsinya tim, adanya sekretariat, berfungsinya forum komunikasi desa, adanya kesepakatan masyarakat dengan pemerintah daerah, dan adanya perencanaan forum yang disepakti masyarakat.

Sedangkan indikator khusus yang dinilai adalah adanya kawasan pemukiman, sarana dan prasana, kawasan lalu lintas tertib transportasi, kawasan pertambangan, kawasan hutan sehat, kawasan pariwisata sehat, kawasan pangan sehat, dan kawasan pemukinan sehat.

"Soal penetapan indikator khusus dan lokasi kawasan kota sehat akan ditentukan dalam rapat forum berikutnya. Kita sekarang berkomitmen mendaftar untuk ikut lomba kabupaten sehat di tingkat nasional," katanya.

Dia menambahkan, dari segi kesehatan pihaknya juga memanfaatkan puskesmas, posyandu, dan polindes untuk mensosialisasikan hidup bersih.

"Melalui petugaslah nantinya sosialisai lingkungan bersih bisa dilakukan. Semua SKPD juga harus bisa membuat program lingkungan bersih yang muaranya untuk kepentingan masyarakat. Program ini merupakan progran nasional yang harus didukung semua pihak," ujar dia.
 

 (KR-MLN/R014) 

sumber :http://www.antaranews.com/berita/317105/pemkab-siap-hadapi-lomba-kabupaten-sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar