Senin, 22 Oktober 2012

Bandara Pasbar Awal tahun 2013 Mulai Beroperasi


elasa, 23 Oktober 2012 | 10:29:38 WIB
Bandara Pasbar Awal tahun 2013 Mulai Beroperasi
Pesawat perintis susi air ketika mendarat di Bandara Pusako Anak Nagari Laban Pasbar
PASBAR
Bandara Pusako Anak Nagari Laban di Nagari Kapa Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasbar, yang didam-idamkan masyarakat setempat di proyeksikan akan mulai beroperasi awal tahun 2013 mendatang. Awal tahun itu pembangunanya fisik selesai, sementara izin dan pesawat yang akan mengisi rute penerbangan sudah selesai sebelumnya.
Pemda Pasbar bekerjasama dengan Maskapai Susi Air untuk peswatnya. Rute awal direncanakan akan melayani Simpangampek-Padang dan Simpangampek-Pekanbaru  pulang pergi (PP).
Ujar Kepala Dinas Perhubungan dan Kominfo Pasbar Mardani, S.Sos MM ketika dihubungi kemarin  di kantornya.
Menurutnya, operasi bandara itu sudah melalui kajian dan persiapan yang matang. "InsyaAllah, awal 2013 mendatang bandara mikik anak nagari itu mulai beroperasi untuk umum. Mudah-mudahan berjalan dengan lancar," katanya.
Tentang harga tiket, penerbangan domistik Pasbar-Padang maupun Pasbar-Pekanbaru akan terjangkau masyarakat Pasbar. "Kisaran harga tiket antara Rp350.000 s/d Rp450.000-an, atau pun menyesuaikan dengan kondisi tahun 2013 nanti," sebtunya.
Disampaikannya, sekarang ia dan Dinas Pekerjaan Umu (PU) setempat tengah mengerjakan pembangunan fasilitas bandara yang dibutuhkan.  Seperti pengaspalan landasan pacu, terminal bandara, loket, dan fasilitas yang berkaitan dengan keperluan bandara lainnya.
Peningkatan fasilitas bandara tersebut dilaksanakan dengan anggara APBD Pemkab Pasbar secara bertahap, termasuk dari APBD Perubahan tahun 2012.
Ditegaskan Mardani, kehadiran bandara udara tidak serta merta mencari keuntungan saja buat Pemkab Pasbar. Tetapi, sebut Mardani yang paling penting adalah dampak kehadiran bandara bisa meningkatan perekonomian masyarakat secara keseluruhan.
"Artinya, dengan berdirinya bandara itu, kita jangan berpikir untung untuk Pemkab Pasbar dulu, kita harus memikirkan kehadiran bandara itu untuk peningkatan ekonomi masyarakat, baru kemudian pada tahun selanjutnya memikirkan untung rugi terhadap masyarakat," tukasnya.
KETUA KAN KAPA BERHARAP BANDARA KAPA CEPAT BEROPERASI
Ketua LKAAM Pasbar yang juga Ketua KAN Nagari Kapa sangat berharap agar bandara di daerah setempat cepat beroperasi. Karena keberadaan bandara merupakancerminan wajah kabupaten kekinian, dan akan dapat meningkatkan derajat kabupaten setempat dimata kabupaten/kota lain di Sumbar.
Selain itu, juga jelas akan berdampak pada peningkatan perekonomian warga, mulai dari pemanfaatan lokasi bandara sebagai tempat berdagang, juga peningkatan perekonomian masyarakat yang punya usaha transportsi, termajuk ojek.
 “Kemajuan suatu daerah jelas akan berdampak luar biasa untuk peningkatan perekonomian masyarakat. Kalau boleh membuat penilaian lebih dalam terhadap bupati Pasbar, boleh dikatakan apa lagi kurangnya H. Baharuddin,R, dalam membangun kabupaten ini, ”, sebut, ketua Alman gampo Alam, SH,  kemarin.

Sumber :Humas Pemda Kab.Pasbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar