Selasa, 18 Desember 2012

Puskesmas Kinali Wakili Pasbar MDGS Provinsi


Berkat perhatian pemerintah daerah dan masyarakatnya  pelayanan kesehatan di Puskesmas Kinali Kecamatan Kinali Kabupaten Pasbar semakin menjanjikan. Buktinya Puskesmas itu telah mewakili kabupatennya mengikuti lomba tingkat Provinsi Sumbar terkait Milenium Development Gold (MDGS).
Sesuai dengan harapan pemerintah setempat mereka telah berkomitmen untuk selalu bekerjasama dengan masyarakat setempat. Sehingga kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan semakin tinggi. Hal itu dilakukan dengan berbagai pendekatan
Selain itu, Puskesmas setempat juga telah mendapat posisi nilai tertinggi, saat lomba Keluarga Berencana (KB) Kesehatan (KB Kes.) Tingkat Kabupaten Pasbar, yang dilakukan beberapa bulan lalu. Begitu disampaikan Kepala Puskesman Kinali, Drg. Era Maily, di ruang kerjanya, kemarin.
                Prestasi yang mereka dapatkan berkat perhatian pemerintah daerah dan kerjasama yang baik dengan masyarakat setempat. Sebab bagaimanapun giatnya jajaran kesehatan tanpa didukung masyarakat tidak akan sempurna hasilnya.
                Dalam mencapai berbagai program kesehatan di bawah naungan Puskesmas itu, mereka selalu berbaur dengan warganya. Sehingga program kerja yang telah direncanakan berjalan mulus dan lancar. Termasuk yang berkaitan dengan program Keluarga Berencana (KB).
                Langkah-langkang peningkatan kesehatan tersebut tidak saja dilakukan di pusat pemerintahan nagari dan kecamatan di wilayah kerjanya.  Tapi mereka juga telah menembus daerah-daerah yang sulit dan jauh dari jangkauan. Dengan harapan pelayanan kesehatan tersebut merata di tengah masyarakat.
Melalui Puskesmas Pembantu dan Polindes yang berada dibawah bimbingan Puskesmas Kinali itu, telah diisi dengan tenaga medis dan sarana prasarana yang layak. Hal itu juga ada Jorong Limpato, yang jaraknya lebih 50 kilo meter dari lokasi Puskesmas setempat.
Dipastikan berkat kerjasama masyarakat dan pemerintah daerah serta petugas yang ada pada Puskesmas tersebut, warga yang berada di  salah satu jorong terisolir itu  sudah memiliki Polindes. Keberadaannya telah memiliki peralatan yang lengkap dan di duduki tenaga medis yang memadai.
Pelayanan kesehatan yang dilakukan sudah sesuai dengan tugas dan fungi kami, dimanapun warga itu berada.  Kami telah komit untuk selalu bersatu dengan masyarakat, sehingga harapan untuk menciptakan masyarakat sehat tercipta di wilayah kerja kita”, kataanya yang diamini sejumlah tenaga medis di Puskesmas itu.
Salah seorang kaum ibu di daerah setempat,  Iyas “60” salah satu perpanjangan tangan Puskesmas setempat dalam melancarkan program KB di daerah itu, menyampaikan. Komitmen dan kesungguhan para pelaku KB dilapangan dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya  kesehatan. Dianggap  ujung tombak menciptakan kesehatan di daerah setempat.          
Berkat dukungan pihak Pukesmas Kinali, yang telah 7 tahun dipimpin Drg. Era Maily, ia semakin semangat mengelilingi wilayah kerjanya, sehingga dapat bertatap muka dengan masyarakat.
Ia dengan kawan-kawannya beserta tenaga medis selalu berupaya agar warga lebih mengenal, sejauhmana pentingnya program KB tersebut.”Kita dengan pihak Pukesmas telah komit, untuk melancarkan program pemerintah daerah dan  meningkatkan kesehatan di tengah masyarakat”, katanya.
Selain itu, salah seorang warga yang mengaku  peserta KB di wilayah kerja Puskesmas Kinali, Yet “37” berasal dari Kampung Cubadak, Jorong VI Koto Utara, Nagari Kinali, mengatakan, ia tidak pernah mendapat paksaan dari manapun untuk melakukan program KB itu.
Ia sadar bagaimana pentingnya melancarkan program KB itu. Justru apa yang ia rasakan juga disampaikan pada warga lainnya. Sehingga program KB lancar di sekitar rumahnya.                “Saya sudah mengalami betapa pentingnya melaksanakan program KB ini. Saya juga terus berharap agar masyarakat luas mendalami dan menjalankan program KB ini”, tuturnya. (humas/nep)      

Humas Pemkab Pasbar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar